Struktur File Template Joomla

Template joomla terdiri dari beberapa file di dalamnya, agar mudah mengedit atau sekedar mangganti image, kita harus tahu dulu struktur file template joomla. Nah jika kita sudah mengenal strukturnya kita akan mudah mengedit dan mengotak-atik template joomla tersebut.

Struktur file template joomla standar terdiri dari beberapa file diantaranya :

  1. CSS Folder
  2. Images Folder
  3. Index.php
  4. Index. html
  5. Template_thumbnail.png
  6. TemplateDetails.xml

Struktur diatas hanyalah template yang standar, setiap template strukturnya akan berbeda tergatung si Empu/ pembuat template, apakah ada file javascriptnya atau lain sebagainya.

Nah mari kita coba kenali satu persatu file-file tersebut:

  1. CSS folder ini merupakan tempat disimpannya file-file berextensen .css (Cascading style sheet) yaitu file-file yang fungsinya untuk mengatur tampilan atau wajah dari web kita. mulai dari lebar template, margin, font, warna, sampai ke pengaturan image baground yang akan di tampilkan di halaman web kita.
  2. Image folder ini merupakan tempat disimpannya file gambar/image template kita. seperti file header, list, buton, baground dan sebagainya. formatnya ada yang jpg, png, gif dan lain sebagainya.
  3. Index.php ini merupakan file utama template dimana di dalamnya merupakan program-program yang meramu semua komponen dan susunan modul-modul yang akan di tampilkan di halaman website kita. kayaknya perlu mengupas tersendiri tentang file index.php ini.
  4. Index.html file ini tidak berisikan file apa alias kosong hal ini berfungsi jika ada yang mengakses langsung ke folder ini dan menggunakan file index.html maka file inilah yang akan dieksekusi. dan jika di lihat di browser maka tidak akan terlihat apa-apa. begitu juga dengan file yang sama yang berada dalam folder css dan image.
  5. Template_thumnail.png ini hanyalah screen shoot dari template kita. File ini akan berfungsi saat kita akan memilih template mana yang akan di pake baik itu di menu beckend maupun frontend. kalau nama mungkin bisa lupa tapi kalau ngelihat gambarnya kita akan ingat..tampilan template-nya.
  6. TemplateDetails.xml biasanya ini merupakan file tempat menyimpan instruksi-instruksi saat penginstallan juga berisikan info si pembuat tempalte yang akan tampil pada menu beckend. Dan file ini juga sebagai insttalernya template joomla kita.

Nah itu hanya sebatas file template setandar lain halnya jika File tersebut ada Javasriptnya maupun ada Flash biasanya file-file tersebut disimpan dalam folder sendiri-sendiri. Jika sudah mengerti minimal yang standar ini mudah-mudahan dalam mengedit template joomla akan lebih mudah dan cepat. Selamat berexperimen dan mengedit template joomla.

Penulis mohon maaf  kepada penulis asli tulisan ini. dikarenakan penulis telah menyadur seluruh atau sebagian tulisannya.  penulis menyadur tulisan dengan tujuan untuk memberikan ingatan ilmu tentang joomla kepada penulis dan masyarakat , pengunjung umumnya melalui blog penulis ini.  Sumber asli tulisan ini yakni :
http://www.tarjoni.com/edit-template-joomla-kenali-dulu-struktur-file-templatenya/